Contoh Cara Membaca Teks Perangkat Upacara Bendera Hari Senin (Teks Pembukaan UUD 1945)

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang teks perangkat upacara yang meliputi contoh teks perangkat upacara, teks pembukaan uud 1945, contoh teks doa upacara bendera, contoh teks janji siswa, membaca teks perangkat upacara, membaca teks pembukaan uud 1945 pada upacara bendera, upacara bendera hari senin di sekolah.

Cara Membaca Teks Perangkat Upacara

Bagaimana dengan membacakan teks perangkat upacara? Apakah kamu dapat membacakan teks perangkat upacara dengan baik seperti halnya menceritakan pengalaman. Dalam membacakan teks perangkat upacara diperlukan latihan dan keberanian.

Dengan demikian, kamu dapat membacakannya dengan baik. Teman-teman, kamu selalu mengikuti kegiatan upacara pada hari Senin, bukan? Dalam upacara tersebut, selalu ada pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, Janji Siswa, dan Pembacaan Doa.

Dalam membacakan teks perangkat upacara, kamu harus mampu membacakannya dengan menggunakan intonasi yang tepat serta tanda penjedaannya. Tanda intonasi, di antaranya ˅ (tanda menaik), ˄ (tanda menurun), dan ― (tanda mendatar).

Selain itu, tanda penjedaannya di antaranya: / (garis miring satu) berarti sejenak serta // (garis miring dua) berarti berhenti agak lama.

Apakah kamu pernah melakukannya? Berikut ini terdapat teks pembukaan UUD 1945. Temanmu akan membacakan teks tersebut dengan baik. Kamu dan teman-temanmu yang lainnya memperhatikan tanda penjedaan dan intonasinya.

Contoh Cara Membaca Teks Pembukaan UUD 1945

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pembukaan (Preambule)

Bahwa / sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa / dan oleh sebab itu / maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, / karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. //

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia / telah sampailah kepada saat yang berbahagia / dengan selamat / sentosa / mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, / yang merdeka, / bersatu, / berdaulat, / adil, dan makmur. //

Atas berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa / dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, / supaya ber kehidupan kebangsaan yang bebas / maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaan nya. //

Kemudian daripada itu, / untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia / yang melindungi segenap bangsa Indonesia / dan seluruh tumpah darah Indonesia / dan untuk memajukan kesejahteraan umum, / mencerdaskan kehidupan bangsa, / dan ikut melaksanakan ketertiban dunia / yang berdasarkan kemerdekaan, / perdamaian abadi / dan keadilan sosial, / maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, / yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia / yang berkedaulatan rakyat / dengan berdasarkan kepada: // Ketuhanan Yang Maha Esa, / Kemanusiaan yang adil dan beradab, / Persatuan Indonesia, / dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, / serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. //

0 Response to "Contoh Cara Membaca Teks Perangkat Upacara Bendera Hari Senin (Teks Pembukaan UUD 1945)"

Post a Comment