Contoh Cara Membuat Cerita Pengalaman Pribadi Liburan Sekolah yang Menarik, Menyenangkan dan Mengesankan

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang cerita pengalaman pribadi yang meliputi cerita pengalaman pribadi, contoh cerita pengalaman pribadi, pengertian cerita pengalaman pribadi, cara membuat cerita pengalaman pribadi, cara menulis cerita pengalaman pribadi, contoh cerita pengalaman liburan, cerita pengalaman yang menarik, cerita pengalaman yang menyenangkan, cerita pengalaman yang mengesankan, cerita pengalaman liburan sekolah.

Cerita Pengalaman Pribadi

Pengalaman apa yang menurutmu paling berkesan? Kamu dapat menceritakan pengalamanmu tersebut kepada teman, saudara, atau keluargamu. Pengalaman tersebut dapat kamu peroleh dari pengalaman pribadi atau orang lain.

Bercerita merupakan kegiatan berbahasa yang memerlukan keahlian dalam memilih dan merangkai kata; menuturkan dengan kalimat yang runtut dan menarik; serta menunjukkan penampilan dan ekspresi yang meyakinkan. Oleh karena itu, pada pembahasan ini kamu akan berlatih menceritakan pengalamanmu.

Ketika bercerita, kamu harus mengetahui kerangka dalam cerita, yaitu sebagai berikut:
  1. menggunakan bahasa yang jelas, menarik, dan variatif;
  2. menciptakan suasana, seperti kejadian sebenarnya;
  3. menggunakan gerak dan ekspresi wajah sesuai dengan alur cerita.

Sekarang kamu akan berlatih menceritakan pengalaman, baik pengalaman yang membuatmu bahagia, mengesankan, maupun pengalaman yang membuat duka dan memilukan.

Ceritakanlah pengalaman yang terjadi di lingkungan sekitarmu. Pernahkah kamu berbagi pengalaman dengan temanmu? Agar pengalamanmu dipahami dan menarik, hendaknya diceritakan dengan jelas.

Contoh Cerita Pengalaman Pribadi

Sebagai contoh, berikut ini temanmu, Raymond Erz, akan menceritakan pengalaman yang mengesankan baginya. Ia pergi ke kebun binatang. Dia sangat senang pergi ke sana. Nah, sekarang perhatikan pengalaman berikut ini.

Sandalku Jatuh ke Kandang Kuda Nil

Aku paling suka ke kebun binatang. Di sana aku bisa melihat burung unta yang kakinya besar dan lehernya panjang. Aku juga senang melihat monyet yang selalu mengulurkan tangannya meminta makanan dari pengunjung. Aku paling takut dengan monyet berbulu merah karena mukanya sangat seram. Menurut cerita, monyet itu akan meludahi pengunjung jika diganggu.

Binatang paling menarik buatku adalah kuda nil. Kandangnya sangat tinggi. Oleh karena itu, aku dan kakakku senang melihatnya. Ketika sedang asyik memerhatikan kuda nil, sandal jepitku terlepas dari kaki dan jatuh ke kandang itu.

Ayah dan ibu tentu kaget sekali, kakakku bahkan sampai panik dan sama takutnya denganku. Padahal itu kan hanya sendal jepit biasa. Tiba-tiba Ayah mencari pengurus kebun binatang dan menceritakan peristiwa yang aku alami. Bapak pengurus kebun binatang itu dengan ramah mau membantu kami. Bahkan Bapak itu tertawa geli mendengar cerita kami.

Ia pun kemudian dengan santai masuk ke dalam kandang kuda nil untuk mengambilkan sandal jepitku. Seekor kuda nil yang sangat besar sedang mengendus-endus sandalku, mungkin dia mencium bau kakiku yang aneh ya....

Pengurus kebun binatang itu meng halau kuda nil dengan halus. Sungguh mengherankan. Binatang yang kelihatannya buas ternyata jinak. Aku ingin mengimbau teman-teman jika berkunjung ke kebun binatang supaya berhatihati dan jangan mengganggu binatang di sana.

Oleh Raymond Erz (Sumber: Kompas Anak, 6 April 2008 dengan penyesuaian)

Cara Membuat Cerita Pengalaman Pribadi

Dalam teks cerita pengalaman tersebut, terdapat kalimatkalimat menarik sehingga pendengar dapat membayangkan suasana yang diceritakan. Contoh kalimat tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Aku juga senang melihat monyet yang selalu meng ulurkan tangannya meminta makanan dari pe ngunjung.
  2. Aku dan kakakku senang melihatnya.
  3. Ayah dan Ibu tentu kaget sekali, kakakku bahkan sampai panik dan sama takutnya denganku.

Raymond Erz dalam menceritakan pengalamannya menggunakan kata ganti aku. Kata aku dapat saja diganti dengan sinonim yaitu saya. Namun, kata ganti aku lebih tepat penggunaannya dibandingkan dengan kata ganti saya.

Pada kalimat 2 dan ke-3, terdapat kata ku pada kakakku. Kata ku mengandung enklitik dan memiliki makna yang sama dengan kata ganti aku.

Kamu dapat mengingat-ingat sebuah peristiwa yang pernah dialami. Ceritakanlah pengalaman tersebut kepada temantemanmu. Perhatikan langkah-langkah berikut.
  1. Ingatlah sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah kamu alami.
  2. Tuliskanlah garis besar pengalaman tersebut dengan urut an peristiwa yang runtut.
  3. Ceritakan pengalamanmu menggunakan pilihan kata yang tepat dan dengan menggunakan kalimat efektif.

2 Responses to "Contoh Cara Membuat Cerita Pengalaman Pribadi Liburan Sekolah yang Menarik, Menyenangkan dan Mengesankan"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete