Pengertian dan Contoh Teks Berita Singkat Terbaru serta Cara Menyimpulkan Pokok-pokok Isi Berita

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang berita yang meliputi Pengertian berita, contoh berita singkat, pokok pokok berita, contoh pokok pokok berita, menyimpulkan isi berita, menyimpulkan pokok pokok berita, cara menyimpulkan isi berita, contoh teks berita singkat, contoh berita singkat terbaru, berita singkat terkini, teks berita singkat terbaru, berita 5w 1h, contoh naskah berita singkat, contoh teks berita singkat di televisi.

Pengertian Berita

Kamu tentunya sudah mengetahui dari berbagai media bahwa saat ini arus informasi dari seluruh pelosok dunia semakin mudah diakses. Dengan kemajuan teknologi, kamu dapat mengetahui berita, informasi, pesan, atau kejadiankejadian di seluruh dunia dalam waktu singkat melalui internet. Apabila tinggal diam, tentunya kamu akan ketinggalan kemajuan teknologi informasi.
Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. (Wikipedia)
Pada pembelajaran kali ini, kamu akan berlatih men dengarkan sebuah berita yang dibacakan teman dan menuliskannya kembali dalam beberapa kalimat dengan kata-katamu sendiri. Seperti halnya bacaan, berita mengandung ide-ide pokok dari berita tersebut.
Ide pokok merupakan gagasan utama yang terdapat dalam bacaan atau rancangan utama yang tersusun di dalam berita. Untuk dapat menemukan ide pokok sebuah bacaan, haruslah dilakukan kecermatan terhadap isi bacaannya.
Ide pokok biasanya tertuang dari suatu masalah yang paling dominan dalam bacaan tersebut.

Contoh Teks Berita Singkat

Ayo, bacalah dengan cermat berita berikut. Catatlah ide pokok dari berita yang disajikan, kemudian kembangkan dalam beberapa kalimat dengan menggunakan kata-katamu sendiri.

Perantau Minang di Seluruh Dunia "Pulang Basamo" 2008

Orang Minang yang merantau ke seluruh pelosok dunia akan "pulang basamo" (pulang kampung ke Sumatra Barat bersama-sama) pada 2008. Hal ini menjadi salah satu potensi besar bagi pengembangan pariwisata, sosial, budaya, dan ekonomi di daerah ini.

"Pulang basamo perantau Minang di dunia pada 2008 adalah kelanjutan dari 'pulang basamo' sekitar 300 orang-orang Minang di Amerika Serikat yang direncanakan 8 April 2007," kata Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi di Padang, Senin (15/1). 

Terkait kedatangan 300 perantau Minang di Amerika Serikat itu, ikatan masyarakat Minang di negara-negara lain, kemudian menyampaikan maksud agar pada 2008 perantau Minang di dunia 'pulang basamo'.

"Jumlah mereka mencapai ribuan orang hingga puluhan ribu. Ini jumlah sangat besar dalam menunjang sektor wisata, sosial, budaya, dan ekonomi," katanya. Akan tetapi, timbul pertanyaan, apakah Sumbar siap menerima kunjungan perantau dalam jumlah besar tersebut. Hal ini karena sangat terkait dengan masalah akomodasi dan sarana prasarana pendukung lainnya.

Pemprov Sumbar sendiri telah me lakukan rapat koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk mempersiapkan sambutan dan pelayanan para perantau Minang tersebut nantinya. Salah satu persiapannya adalah menyiapkan sarana dan prasarana di Taman Budaya Sumbar untuk arena pertunjukan atraksi budaya bagi para perantau itu.

Sumber: Republika, 30 November 2007

Cara Menentukan dan Menyimpulkan Pokok-pokok Berita

Kamu dapat menentukan pokok-pokok berita dari bagian awal teks tersebut. Bagian awal teks berita biasanya berisi hal penting yang mudah diingat. Pendengar dapat langsung memahami pokok informasi yang disampaikan secara lugas dan jelas.

Setelah mendengar teks berita tersebut, pertama-tama yang kamu ingat adalah Perantau Minang di Seluruh Dunia "Pulang Basamo" pada tahun 2008 sebagai ide pokok sentral. Perhatikan beberapa ide pokok berikut.
  1. Ikatan masyarakat Minang bermaksud pada tahun 2008 perantau Minang di dunia "pulang basamo".
  2. Jumlah para perantau Minang sangat besar. Hal tersebut tentu dapat menunjang sektor wisata, sosial, budaya, dan ekonomi.

Berdasarkan ide pokok berita tersebut. Kamu dapat menuliskan kembali dalam beberapa kalimat dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Perhatikan contoh berikut.
Pada 2008, direncanakan masyarakat Minang akan "pulang basamo". "Pulang basamo" akan menunjang sektor wisata, sosial, budaya, dan ekonomi. Pemprov Sumbar telah melakukan rapat koordinasi dan bertempat di Taman Budaya Sumbar untuk menyambut acara tersebut.
Setelah memahami isi berita, kamu dapat membuat bagan untuk menjelaskan pokok berita.

Pengertian dan Contoh Teks Berita Singkat Terbaru serta Cara Menyimpulkan Pokok-pokok Isi Berita

0 Response to "Pengertian dan Contoh Teks Berita Singkat Terbaru serta Cara Menyimpulkan Pokok-pokok Isi Berita"

Post a Comment