Hati-hati! Gerak-gerikmu Terekam Google Map, Ini Cara Mengatasinya!

Loading...
Sekarang ini, siapa sih pengguna smartphone Android yang tidak menggunakan layanan Google? Dari mulai akun email, browser, hingga layanan peta di smartphone Android disediakan oleh Google.

Ke mana-mana, kamu pasti membawa smartphone. Sedikit-sedikit check-in di Path atau Facebook saat menemukan tempat keren yang baru. Tapi tahukah kamu bahwa Google ternyata merekam setiap aktivitasmu?

Ternyata Google Merekam Gerakan Kita!

Saat kamu ada di mana, tadi pagi pergi ke mana, kemarin kamu ke mana saja, bahkan tahun lalu kamu mengunjungi tempat mana saja; Google merekamnya. Google mengetahuinya karena kamu membagikannya dengan gratis dari smartphone yang kamu gunakan.

Nggak percaya? Coba deh kamu login di halaman Google Timeline dengan menggunakan akun Gmail milikmu. Website ini akan membuktikan bahwa Google selama ini merekam setiap pergerakanmu bersama smartphone yang kamu gunakan.

See? Bukan cuma kamu ke mana saja hari ini, tapi sampai waktu pergi ke mana saja selama satu tahun pun akan ditampilkan di dalam website ini.

Bahkan foto-foto yang kamu ambil dengan smartphone milikmu pun akan direkam oleh Google! Seram, kan?

Dengan halaman Google Timeline, kamu memang bisa mengetahui pergi ke mana saja kemarin. Ini kadang ada gunanya untuk menjelaskan pada orang jika dibutuhkan. Tapi, pernah nggak kamu merasa takut data itu disalahgunakan?

Cara Mencegah Google Merekam Gerakanmu

Jika kamu merasa takut data rekaman lokasimu disalahgunakan oleh Google atau pihak lain yang tidak bertanggung jawab, kamu bisa coba cara berikut:

  • Melalui smartphone Android milikmu, buka menu Settings > Location.

  • Klik Google Location History. Maka akan ditampilkan daftar smartphone mana saja yang menggunakan akun email terkait.

  • Selanjutnya klik Manage Activities, maka kamu akan dibawa ke tampilan Google Timeline yang ada di aplikasi Google Maps. Pada menu More (tanda titik tiga di pojok kanan atas), pilih Settings.

  • Selain bisa membuat pengaturan data apa saja yang akan kamu izinkan untuk direkam oleh Google Maps, kamu juga bisa menghapus History lokasimu.

Semudah kamu menghapus riwayat lokasimu, semudah itu juga Google merekam aktivitasmu. Maka dari itu, jika memang tidak ingin Google merekam pergerakanmu, selalu hapus riwayat lokasimu dengan rutin. (Postmetro)

0 Response to "Hati-hati! Gerak-gerikmu Terekam Google Map, Ini Cara Mengatasinya!"

Post a Comment