Mahasiswa Cegat Mobil Membawa Tenaga Kerja Asing asal China di Kendari!

Loading...
Puluhan mahasiswa di Kendari, Sulawesi Tenggara, mencegat mobil yang ditumpangi tenaga kerja asing (TKA) asal China di Kantor Imigrasi Kelas 1 A Kendari, Selasa (20/12/2016).

Saat itu, puluhan tenaga kerja asing hendak memperpanjang paspor di kantor Imigrasi Kendari. Aksi itu dilakukan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Kendari untuk memastikan bahwa semua penumpang bukan tenaga kerja asing yang ilegal.

"Kami lihat itu ada mobil dan di dalamnya ada WNA, maka spontan kami cegat untuk memastikan apakah dokumen mereka itu betul-betul sah. Apakah dokumennya valid atau tidak," kata Bram, koordinator aksi.

Akibat aksi tersebut, empat minibus yang memuat para tenaga kerja asing tidak bisa keluar dari kantor Imigrasi dan semua penumpang bersembunyi di dalam mobil tersebut.

Sementara itu, pihak Imigrasi yang menerima mahasiswa memperlihatkan sejumlah paspor milik tenaga kerja asing tersebut. Namun, mahasiswa tidak puas dan meminta pihak Imigrasi untuk memperlihatkan semua tenaga kerja asing tersebut.

"Kami desak diperlihatkan orang asingnya, tetapi pihak Imigrasi tunjukkan paspornya. Jadi, siapa yang menjamin bahwa paspor itu adalah punya mereka, jumlah saja mereka tidak mau jawab berapa orang yang di dalam mobil," katanya.
Kendari

Menurut Bram, mobil yang ditumpangi puluhan WNA tersebut merupakan milik perusahaan tambang yang tengah membangun smelter di Morowali, Sulawesi Tengah.

"Ini sudah jelas-jelas dimobilisasi oleh perusahaan, berarti terindikasi keras mereka akan melakukan aktivitas pekerjaan di sana," tuturnya.

Mahasiswa sempat bersitegang dengan pihak Imigrasi lantaran mereka bersikeras akan menahan mobil yang memuat WNA hingga pihak Imigrasi memperlihatkan para tenaga kerja asing tersebut.

Tak hanya itu, massa juga mengancam akan menyegel kantor Imigrasi Kelas I Kendari. Aksi tersebut dapat dicegah setelah petugas kepolisian dari Polres Kendari yang mengawal aksi tersebut melakukan negosiasi dengan para mahasiswa. (Postmetro)

0 Response to "Mahasiswa Cegat Mobil Membawa Tenaga Kerja Asing asal China di Kendari!"

Post a Comment