Daftar Kecurangan Team Ahok! Dari Penggandaan KTP, Ziarah Walisongo, Sampai Surat Suara Sudah Dicoblos di Nomor Urut 2! Menangkah...?

Loading...
Berhembus kabar di masyarakat yang menyebut ada surat suara yang diduga sudah dicoblos duluan, untuk salah satu pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati di pilkada Sangihe, Sulut.

“Ada informasi dari kalangan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga sebagian masyarakat, ada surat suara sudah dicoblos di paslon nomor dua,” ujar seorang warga Tahuna, seperti diberitakan Manado Post (Jawa Pos Group).

Menanggapi informasi itu, Ketua Pemuda Tampungalawo Ari Abast mengungkapkan, jika benar isu surat suara sudah dicoblos pada nomor dua, itu sangat merugikan paslon nomor satu.

“Sebab ketika masyarakat membuka surat suara di TPS dan sudah tercoblos untuk pasangan nomor dua, terus yang memilih pendukung nomor dua, itu sah. Tetapi kalau pemilih itu nomor satu, maka surat suara dianggap rusak karena terdapat dua lubang di nomor yang berbeda,” ungkapnya.

Karena itu, Abast meminta surat suara ini dibongkar kembali dan hitung lagi sembari disaksikan Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) dan perwakilan kedua paslon.
Gambar: Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno menunjukkan contoh surat suara Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017 di Jakarta, Rabu (11/1). KPU DKI Jakarta mencetak surat suara Pilkada DKI Jakarta sebanyak 7,2 juta lembar berdasarkan data daftar pemilih tetap (DPT) yang jumlahnya sekitar 7,1 juta orang ditambah surat suara cadangan yang jumlahnya 2,5 persen dari jumlah DPT. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/ama/17.

“Sebab kertas suara sampai pengepakan dan disimpan dalam kotak tidak ada yang melihat prosesnya,” ungkapnya.

Kemudian, selama dalam kotak, masih dicurigai karena kotak ini tidak disimpan di Polres. Melainkan, hanya dikunci dalam ruangan salah satu komisioner.

“Walaupun dijaga polisi tetapi mungkin tidak satu kali dua puluh empat jam? Sehingga peluang kertas dicoblos nomor dua seperti yang diisukan, masuk akal,” sorotnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sangihe Ellyse Sinadia ketika dikonfirmasi menyebutkan isu itu tidak benar.

“Karena semua surat suara sudah tersegel dan siap untuk didistribusikan ke TPS. Jadi tidak benar ada kertas suara yang dicoblos. Karena semua sudah ada berita acaranya,” ujarnya, kemarin.

Ditambahkan Sekretaris KPU Alwi Kawoka, pihaknya siap membuka kotak suara jika isu ada kertas suara sudah dicoblos duluan benar.

“Walaupun konsekuensi distribusi kertas suara ke TPS terlambat,” tandasnya.

Diketahui, paslon nomor satu HR Makagansa-Fransiskus Silangen dan nomor dua Jabes Gaghana-Helmud Hontong. (Rakyat Jakarta)

1 Response to "Daftar Kecurangan Team Ahok! Dari Penggandaan KTP, Ziarah Walisongo, Sampai Surat Suara Sudah Dicoblos di Nomor Urut 2! Menangkah...?"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete